Apa itu Manajemen Gudang

Diposkan oleh Maz Duikin on Minggu, 12 Februari 2012

Sistem adalah kumpulan interaksi dari sub sistem, dan Manajemen adalah ilmu mengelola sumber daya, sedangkan Gudang adalah tempat penyimpanan barang sementara. Secara ringkas sistem manajemen gudang mengandung pemahaman : pengelolaan dari aktifitas yang saling terkait dalam aktifitas penyimpanan barang sementara. Apa saja aktifitas penyimpanan barang itu? Penerimaan dari pemasok, handling barang, pengeluaran barang ke tujuan adalah garis besar dari aktifitas penyimpanan.
Saat ini gudang memiliki arti luas dan lebih dari sekedar tempat penyimpanan saja. Gudang itu sendiri tidak menambah nilai barang secara langsung, tidak ada perubahan citarasa, bentuk, kemasan, dll. Intinya tidak ada kegiatan proses operasi pada barang, yang ada adalah aktifitas transportasi barang dari satu tempat ke tempat lainnya, itu secara umum kegiatan di Gudang.

Secara umum manajeman gudang terinci dalam 10 asas yaitu :

  1. Mencegah dari kehilangan dan pencurian
  2. Mencegah dari kerusakan barang
  3. Menjaga kondisi stok pada kondisi minimum , tetapi
  4. Juga menjaga stok , jika barang diminta selalu ada
  5. Mengatur agar barang mudah dicari
  6. Mengatur agar mudah dimuat di truk
  7. Mengatur agar mudah di cek fisik
  8. Gunakan IT agar stok selalu terbaca dan up to date
  9. Jangan malas mencatat keluar masuk barang ke sistem IT
  10. Gunakan akal sehatmu untuk menjalankan 9 point diatas
Selanjutnya tambahkan sesuai selera anda yang penting bos tidak marah marah sama anda . Kalau masalah IT inventory ngak ngerti silahkan tanya kemari. Bereskan. Akhirnya ilmu manajemen gudang diakhiri sampai disini.

     
     

{ 0 komentar... read them below or add one }